Begini Bagaimana IPO $ 10 Miliar Uber Akan Menguangkan Kegagalan Lyft

Uber Technologies Inc mengumumkan bahwa mereka akan berusaha menjual sekitar $ 10 miliar (£ 7,7 miliar) saham dalam penawaran umum perdana, dan akan mengumumkan pendaftaran penawaran pada hari Kamis.

Setelah debut besar Lyft di pasar saham, Uber akan belajar dari kesalahan lawannya. IPO Uber akan lebih berhati-hati, lebih realistis, dan pada akhirnya lebih sukses.

IPO sebesar ini akan menjadikan Uber salah satu IPO teknologi terbesar sepanjang masa, dan terbesar sejak raksasa e-commerce Tiongkok, Alibaba Group Holding Ltd pada 2014.

Uber mencari penilaian antara $ 90 miliar dan $ 100 miliar, dipengaruhi oleh kinerja buruk saham saingannya yang lebih kecil, Lyft Inc, menyusul IPO akhir bulan lalu. Bankir investasi sebelumnya mengatakan kepada Uber bahwa itu bisa bernilai $ 120 miliar, lapor Reuters .

Uber baru-baru ini bernilai $ 76 miliar di pasar penggalangan dana swasta. Analis memuji keputusan berani Lyft untuk meluncurkan IPO di depan Uber, pada awalnya. Namun, apa yang terjadi adalah bahwa saham Lyft menekan pasar pada $ 72 tetapi dengan cepat jatuh di bawah harga peluncuran. Dua minggu kemudian dan nilai saham Lyft duduk 7 persen lebih rendah. Analis berbaris untuk menampar target harga bearish di saham, dengan Seaport Securities mengeluarkan target harga $ 42 yang memalukan.

Kinerja saham Lyft yang buruk menjadi pertanda buruk bagi IPO ini, terutama bagi perusahaan seperti Uber yang tidak menunjukkan untung.

Brian Hamilton, pendiri perusahaan data Sageworks mengatakan:

“Tidak ada cara yang jelas untuk menilai perusahaan-perusahaan ini. Apa yang benar-benar Anda beli adalah kemampuan jangka panjang perusahaan untuk meraih banyak penjualan dan semoga mendapatkan keuntungan di beberapa titik. Saya yakin bahwa debut Lyft akan memengaruhi Uber dan Pinterest. "

Uber mengajukan IPO pada bulan Desember dengan Komisi Sekuritas dan Bursa AS pada minggu yang sama dengan Lyft. Tapi itu membiarkan Lyft pergi dulu dengan penawarannya, sebagian karena sedang mengerjakan putaran penggalangan dana pribadi baru untuk unit penggerak otonomnya.

Uber sekarang membayar harga untuk yang kedua. Ia berencana untuk mencari penilaian antara $ 90 miliar dan $ 100 miliar, pendek dari $ 120 miliar bankir investasi sebelumnya mengatakan kepada perusahaan itu bisa bernilai dalam IPO.

Namun, jangan lupa bahwa Uber akan memiliki akses penuh ke keuangan Lyft. Bagian dari proses IPO mengungkapkan dokumen keuangan lengkap. Uber dapat sepenuhnya memeriksa keuangannya sendiri terhadap Lyft dan mengajukan IPO dan nilai sesuai.

Bagaimana perusahaan mendefinisikan pengguna aktif akan sangat penting. Lyft menghitung setiap orang yang mengambil "setidaknya satu perjalanan di platform multi-modal kami melalui aplikasi Lyft selama seperempat" dengan total 18,6 juta pengendara aktif di kuartal keempat. Dengan bisnisnya yang lebih global dan beragam, perhitungan pengguna aktif Uber bisa jadi lebih rumit.

Kedua perusahaan pasti telah mengambil pendekatan berbeda untuk ekspansi.

Uber telah berinvestasi dalam serangkaian layanan, termasuk pengiriman barang dan pengiriman makanan. Yang terakhir, Uber Eats, dipandang sebagai pendorong pertumbuhan utama bagi perusahaan.

Khosrowshahi berkata :

“Uber bukan perusahaan satu nada. Kami adalah pilihan bisnis yang berbeda, dengan jatuh tempo yang berbeda dan profil pertumbuhan. "

Lyft, sebagai perbandingan, mengatakan tidak tertarik pada lini bisnis tambahan ini.

Uber juga menginvestasikan uang nyata dan sumber daya untuk melakukan ekspansi di beberapa benua, sebelum menjual beberapa bisnis regionalnya. Baru-baru ini, bagaimanapun, itu menunjukkan komitmen berkelanjutan untuk menjadi merek global dengan akuisisi $ 3,1 miliar dari Careem, saingan Timur Tengah.

Klaim Lyft sebagai perusahaan internasional lebih aspiratif. Perusahaan saat ini hanya beroperasi di Amerika Serikat dan Kanada.

Jangan lupa bahwa, sebagai tanda bagaimana perusahaan dapat menahan ekspektasi mereka, Pinterest, platform berbagi gambar, menurunkan harapan mereka, menetapkan kisaran harga $ 15- $ 17 untuk 75 juta saham yang rencananya akan dijual minggu depan, menetapkan menaikan "putaran bawah" potensial dengan penilaian di bawah penggalangan dana pasar swasta terakhir.

Uber mengatakan pada bulan Februari bahwa itu menghasilkan $ 50 miliar pada pemesanan bruto tahun lalu, naik sekitar 45% dari 2017. Tetapi angka-angka menunjukkan pertumbuhan melambat. Dari $ 11,4 miliar dari pendapatan bersih pada 2018, hanya $ 3 miliar datang dalam tiga bulan terakhir tahun ini, naik hanya 2% dari kuartal sebelumnya. Sementara angka itu memberi perusahaan yang berbasis di San Francisco itu tingkat pertumbuhan kuartalan tahun-ke-tahun sebesar 25% - tinggi menurut sebagian besar standar - angka itu jauh di bawah tingkat 38% untuk kuartal ketiga.
Share: